Wednesday 2 March 2016

Perencanaan Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa

Buku Perencanaan Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa yang ditulis oleh Prof. Ir. Rahmat Purwono, M.Sc. merupakan buku yang mengacu pada SNI-1726 dan SNI-2847.
Pada Bab 1 berisi uraian singkat isi buku, dilanjutkan Bab 2 berisi pokok-pokok persyaratan-persyaratan baru dalam SNI-1726 untuk menganalisis dan mendesain bangunan-bangunan yang menerima beban gempa, termasuk perubahan menentukan perhitungan minimum gaya lateral oleh pergerakan tanah.
Bab 3 menyentuh hal yang sama seperti pada Bab 2, tetapi yang berkaitan dengan SNI-2847. juga disampaikan pedoman-pedoman baru yang bersifat mendasar mencakup antara lainkombinasi beban, syarat desain struktursesuai sistem strukturdan resiko gempa, kompatibiltas deformasi, serta pemakaian probabel kuat momen maksimum.
Bab 4 menyajikan rangkuman pemilihan kriteria desain lebih lanjut yang harus diikuti oleh para perencana struktur bangunan tahan gempa.
Bab 5 membahas tentang persyaratan pendetailan struktur bangunan tahan gempa, serta pokok-pokok utama syarat pendetailan. Sedangkan kesimpulan persyaratan untuk detailing gempa diberikan pada Bab 6 yang merupakan ketentuan utama untuk mencapai daktilitas struktur yang ditentukan oleh Pasal 23 SNI-2847.
Bab 7 mencatat prosedur perhitungan kuat geser perlu pada komponen struktur beton bertulang sebagaimana diatur oleh SNI-2847 Pasal 23. dan pada Bab 8 dijelaskan contoh desain dari 8 tingkat Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) akibat pengaruh kombinasi beban gravitasi dan beban gempa.
Smentara Bab 9 menjelaskan tentang desain Sistem Rangka Gedung (SRG) 8 tingkat, dan yang terakhir di Bab 10 disajikan desain dan detailing dari bangunan Sistem Ganda (SG) 8 tingkat.


Download Buku


0 comments: